Sabtu , Oktober 24 2020
Breaking News
Home / Belajar Islam / Fiqih / Mendahulukan Yang Kanan Dalam Hal Yang Baik ( Umdatul Ahkam Hadits ke-9 )
KLIK UNTUK BERINFAK

Mendahulukan Yang Kanan Dalam Hal Yang Baik ( Umdatul Ahkam Hadits ke-9 )

Umdatul Ahkam Hadits ke-9

Mendahulukan Anggota Kanan Dalam Hal Yang Baik

Dari Aisyah -radhiyallahu ‘anha-, ia berkata

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ( يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ، فِي تَنَعُّلِهِ، وَتَرَجُّلِهِ، وَطُهُورِهِ، وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ )

“Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menyukai memulai sesuatu dengan kanan, dalam mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam semua urusannya yang penting.” (Muttafaqun ‘alaih).

Penjelasan dan Fiqih Hadits :

  1. Aisyah binti Abu Bakar radhiyallahu ‘anhuma,Ummul Mukminin, salah satu istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam-, beliau termasuk sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits, terutama hadits-hadits yang berhubungan dengan kehidupan rumah tangga Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.beliau wafat pada tahun 57 Hijrah.
  2. Hadits ini menunjukkan disunnahkannya memulai dengan anggota sebelah kanan dalam wudhu’.

Imam Nawawi -rahimahullah-, berkata :

أَجْمَعَ الْعُلَمَاءُ عَلَى أَنَّ تَقْدِيْمَ الْيَمِيْنِ فِي الْوُضُوْءِ سُنَّةٌ، مَنْ خَالَفَهَا فَإِنَّهُ فَاتَهُ الْفَضْلُ وَتَمَّ وُضُوْؤُهُ

“ ‘Ulama sepakat bahwa mendahulukan anggota yang kanan dalam wudhu’ adalah sunnah, siapa yang menyelisihinya maka dia telah kehilangan keutamaan dan wudhu’nya sempurna (sah).”

Imam Ibnu Qudamah –rahimahullah-, berkata :

لَا خِلَافَ بَيْنَ أَهْلِ الْعِلْمِ فِيْمَا عَلِمْنَاهُ فِي اسْتِحْبَابِ الْبَدَاءَةِ بِالْيَمِيْنِ وَأَجْمَعُوْا عَلَى أَنَّهُ لَا ِإِعَادَة عَلَى مَنْ بَدَأَ بِيَسَارِهِ قَبْلَ يَمِيْنِهِ

“ Tidak ada perselisihan antara para ‘Ulama menurut sepengetahuan kami, dalam hal disunnahkannya memulai dengan anggota yang kanan, dan mereka sepakat bahwa tidak ada pengulangan bagi seseorang yang memulai dengan anggota yang kiri.”

  1. Hadits ini menunjukkan disunnahkannya memulai dengan anggota yang kanan dalam hal-hal yang baik, dan segala yang merupakan kebalikannya dianjurkan memulai dengan anggota yang kiri karena hal ini sejalan dengan syariat, akal dan kesehatan.

Imam Nawawi –rahimahullah-, berkata :

قَاعِدَةُ الشَّرْعِ الْمُسْتَمِرَّةُ اِسْتِحْبَابُ الْبَدَاءَةِ بِالْيَمِيْنِ، وَنَهَى عَنْ مَسِّ الذَّكَرِ بِالْيَمِيْنِ، لَأَنَّهَا لِلطَّيِّبَاتِ، وَالَيَسَارِ لِمَا سَوَى ذَلِكَ

“Kaedah syariat yang terus berlaku bahwa disunnahkan memulai dengan anggota yang kanan, dan beliau melarang memegang kemaluan dengan tangan kanan, karena tangan kanan untuk hal-hal yang baik, dan yang kiri untuk selainya (selain hal-hal yang baik).”

  1. Memulai sesuatu dengan anggota yang kiri pada hal-hal yang menjijikkan sejalan dengan syariat dan aqal.
  2. Syariat islam datang untuk memperbaiki manusia, membersihkannya dan menjaganya dari segala bentuk penyakit dan kejelekan.
  3. Memulai dengan anggota yang kanan dalam wudhu’, khusus untuk anggota yang empat saja, yaitu : kedua tangan dan kedua kaki. Adapun dua telinga di usap secara bersamaan satu kali saja.
  4. Seorang muslim disunnahkan untuk berpenampilan yang baik. karena Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam-,bersuci, membersihkan diri, dan menyisir rambut Nya. Hal ini bukan berarti boleh melakukannya secara berlebihan hingga melalaikan seseorang dari urusan yang lebih utama dan penting.
  5. Keutamaan istri-istri Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam-, mereka telah meriwayatkan kepada kita sesuatu yang dilakukan Nabi didalam rumah Nya. Dimana hal ini tersembunyi bagi kaum muslimin yang lain.

Refrensi :

  1. Syarah Umdatul Ahkam Syaikh Sulaiman Al-Luhaimid
  2. Taisir ‘Allam Syarh Umdatul Ahkam Syaikh Abdullah Al-Bassam
  3. Ihkamul Ahkam Imam Ibnu Daqiq ‘Id Asy-Syafi’i

Ponpes Tahfidz Putri Al-Mahmud Al-Islamy , Rabu 4Jumadal Ula 1440 H / 10 Januari 2019

Bahrul Ulum Ahmad Makki

Tentang Penulis Bahrul Ulum Ahmad Makki

Bahrul Ulum Ahmad Makki -hafidzahullah-. Riwayat pendidikan : SDN 7 Kediri Lobar, MTs-MA Pesantren Selaparang NW kediri Lombok Barat,Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, Ma'had Aly Al-Irsyad Surabaya, Takmily LIPIA Jakarta, Darul Hadits Republik Yaman ( Syaikh Abul Hasan Al-Ma'riby dan Syaikh Muhammad Al-Imam Ma'bar), Universitas Yemenia - Yaman, Universitas Muhammadiyah Surabaya ( Pascasarjana ) Aktifitas : Pengasuh dan pengajar di pondok Tahfidz Al-Mahmud Al-Islamy, Pembina Yayasan Al-Hakam NTB, Pengasuh Web alhakam.com

Silahkan Pilih Yang Lain

Nasehat akhir tahun

Nasehat akhir tahun إِنَّ اْلحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *