Kamis , Oktober 22 2020
Breaking News
Home / Faedah Ilmu / Kaidah Menuntut Ilmu / Kaidah-kaidah dalam menuntut ilmu bag.7
KLIK UNTUK BERINFAK

Kaidah-kaidah dalam menuntut ilmu bag.7

  • Faraidh

Ilmu ini adalah pengikut (kelanjutan,red) dari fiqh.Hendaknya mempelajari :

  1. Syarah Ar Rohbiyah, karya cucu Al Mardini – rahimahullah -.
  2. Al Fawaid Al Jaliyyah, karya Imam Abdul ‘Aziz bin Baz  – rahimahullah –
  3. Ar Ro’id fii ‘Ilmil Faroidh, karya Al Khothrowi.
  4. Tahqiqot Al Mardhiyyah, berupa hasil telaah dan diskusi, karya Syaikh Sholih Al Fauzan – hafidzohullah -.

“Dalam bidang ini menghafal : Dengan berkonsentrasi untuk memantapkan Ar Rohbiyyah, karena di dalamnya terdapat kebaikan yang banyak”.

  • ‘Ulumul Quran

Tajwid : Setelah mempelajari pelajaran yang lalu, pelajarilah Fann At Tajwid, karya ‘Izzah Da’as, kemudian Al Burhan, lalu Al Jazariyah dengan menghafalnya dengan mantap.

Dan berkonsentrasi untuk membaca (talqin) dengan guru yang berkompeten, Karena hal ini lebih bermanfaat daripada banyak mempelajari materi.

  • Kaidah ‘Ulumul Quran

Mempelajari :

  1. Ushul At Tafsir, karya Syaikh Utsaimin.
  2. Ushul At Tafsir, karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah.
  3. Al Qowa’id Al Hisan, karya Al ‘Allamah As Sa’di.
  4. At Tahbir lis Suyuthi – apabila memungkinkan -, ini adalah kitab yang sangat bermanfaat. Kemudian beralih ke kitab Al Itqon fii ‘Ulumil Quran, karya As Suyuthi, dengan menelaah dan mengambil faidahnya.
  • Tafsir

Seorang penuntut ilmu wajib memperhatikan bidang ilmu ini. Hendaknya dia mempelajari : dalam ghorib (istilah asing) Al Quran : kitab Tuhfah Al Arib, karya Abu Hayyan Al Andalusi, lalu Tafsir Al Jalalain, karya Al Jalal As Suyuthi dan Al Jalal Al Mahalli, dengan sangat berhati-hati karena di dalamnya terdapat ta’wil asma’ dan sifat Allah menurut cara orang Al Asy’ari. Kemudian menelaah Tafsir As Sa’di – rahimahullah -. Setelah itu menelaah dan berkonsentrasi pada kitab Tafsir Ibnu Katsir – rahimahullah – dan memperhatikan kitab As Shohih Al Musnad min Asbab An Nuzul, karya Syaikh kami, Al Imam Muqbil bin Hadi Al Wadi’I – rahimahullah –, dan apabila memungkinkan untuk menghafalnya, maka baik sekali.

 

Sumber Artikel : Kaidah dalam menuntut ilmu (Karya : Syaikh Abul Hasan Arrozihi Yaman)

Alih Bahasa : Ustadzah Ummu Hisyam Yanuarizki W.A

dikoreksi oleh : Ustadz Bahrul Ulum Ahmad

Tentang Penulis Bahrul Ulum Ahmad Makki

Bahrul Ulum Ahmad Makki -hafidzahullah-. Riwayat pendidikan : SDN 7 Kediri Lobar, MTs-MA Pesantren Selaparang NW kediri Lombok Barat,Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, Ma'had Aly Al-Irsyad Surabaya, Takmily LIPIA Jakarta, Darul Hadits Republik Yaman ( Syaikh Abul Hasan Al-Ma'riby dan Syaikh Muhammad Al-Imam Ma'bar), Universitas Yemenia - Yaman, Universitas Muhammadiyah Surabaya ( Pascasarjana ) Aktifitas : Pengasuh dan pengajar di pondok Tahfidz Al-Mahmud Al-Islamy, Pembina Yayasan Al-Hakam NTB, Pengasuh Web alhakam.com

Silahkan Pilih Yang Lain

Nasehat akhir tahun

Nasehat akhir tahun إِنَّ اْلحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *