Kamis , Oktober 22 2020
Breaking News
Home / Belajar Islam / Pendidikan Islam / Hikmah Dalam Pendidikan (Faedah Konsep Pendidikan Dari Syaikh Ibrohim Ruhaily -hafidzahullah-)
KLIK UNTUK BERINFAK

Hikmah Dalam Pendidikan (Faedah Konsep Pendidikan Dari Syaikh Ibrohim Ruhaily -hafidzahullah-)

HIKMAH DALAM PENDIDIKAN

( FAEDAH KONSEP PENDIDIKAN DARI SYAIKH IBROHIM AR-RUHAILI )

📝 Pada tanggal 21 – 24 Robi’uts Tsani 1349 h / 8 – 11 Januari 2018 diadakan sebuah Dauroh ilmiyah untuk para asatidz di kota Solo, dengan pemateri : Prof. Dr Ibrohim bin Amir ar-Ruhaili (beliau adalah dosen pasca sarjana jurusan aqidah di universitas Islam Madinah).

Dan merupakan kenikmatan yang Allah limpahkan pada hamba yang faqir ilmu, ketika Allah memilih diri ini termasuk dari salah satu para penuntut ilmu yang mendapatkan undangan untuk bisa mengambil samudra ilmu langsung kepada beliau. Semoga Allah membalas jerih payah para panitia dan Syaikh dengan pahala terbaik.

📝 Dauroh mengangkat buku karangan Syaikh sendiri yaitu ( الحكمة, حقيقته, فضله , مراتبه , تطبيقاته ) “Hikmah hakikatnya, keutamaanya, tingkatanya, penerapannya”.

Dalam dunia pendidikan, syaikh Ibrohim telah memberikan banyak faedah.

🍁 Disini akan kita sebutkan beberapa poin dalam konsep pendidikan.

Pendidikan terbaik adalah melihat kekuatan anak dan kecondongannya, bukan memaksakan anak sesuai dengan keinginan orang tua atau guru

  • Orang tua dan guru harus faham tentang kekuatan anak kita, kemudian mendidiknya dengan metode belajar yang bisa mengasah kekuatan tersebut. Kekuatan setiap orang berbeda-beda maka jangan pernah kita banding-bandingkan anak kita dengan anak orang lain.

🌻 Syaikh Ibrohim berkata : “Hendaknya diperhatikan dalam belajar tentang perbedaan setiap anak dalam kemampuan intelektual nya, kesiapan jiwanya, dan kecondongan ilmunya. Karena anak dalam perkara ini sangat berbeda dengan perbedaan yang menyolok. Maka selayaknya murid mengetahui kondisinya sebelum ia belajar. Dan jangan membebani dirinya dengan ilmu yang ia tidak akan bisa meraihnya, ilmu yang tidak pas dengan tabiatnya (bakatnya), dan ilmu yang ia tidak mendapatkan kepuasan dan kelapangan dada dalam mempelajarinya” (al-Hikmah:43)

🌻 Beliau juga berkata : “Oleh sebab itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat memperhatikan masalah ini (mengetahui kekuatan setiap orang) ketika beliau bermuamalah kepada para sahabatnya.

➡️ Rasulullah shallallahu alaihi wasallam fokus untuk mengajarkan ilmu kepada orang-orang yang beliau ketahui bahwa ia memiliki kemampuan dan kesiapan dari jiwa dan akalnya untuk ilmu tersebut dan sangat semangat untuk menggapainya.

💎 Diantara contohnya :

1⃣ Semangat beliau untuk mengajarkan al-Qur’an kepada Ubay bin Ka’ab, sampai beliau bertanya kepada Ubay tentang ayat terbesar dalam al-Qur’an.
Dan ketika Ubay bisa menjawab dengan benar, maka Rosulullah bersabda:

( و الله ليهنك العلم أبا المنذر )

“Demi Allah selamat akan ilmu yang engkau miliki wahai Aba Mundzir” (H.R Muslim)

2⃣ Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga mendo’akan Ibnu Abbas supaya Allah mengajarkan kepadanya ilmu tafsir, sehingga beliau berkata:

( اللهم فقهه في الدين و علمه التأويل )

“Wahai Tuhanku fahamkan ia dalam agamanya, dan ajarkan ia Tafsir” (H.R Ibnu Syaibah, Ahmad, dan lainya. Dishohihkan oleh syaikh Albani) (al-Hikmah:44)

3⃣ Rosulullah shallallahu alaihi wasallam mendorong Zaid bin Tsabit untuk mempelajari bahasa.
Zaid bin Tsabit memiliki kekuatan dalam mendalami bahasa, sehingga Rosulullah mengasah kekuatan beliau dengan mendalami bahasa-bahasa yang ada, di waktu itu umur Zaid 11 tahun.

🍀 Zaid bin Tsabit bercerita : “Saya dibawa kepada Rosulullah ketika beliau hijroh ke Madinah, lalu dikatakan kepada beliau:
“Wahai Rosulullah ini anak dari Bani Najjar, ia sudah hafal 17 surat”. Lalu aku membacakan al-Qur’an kepada beliau, dan beliau sangat takjub dengan bacaanku. Kemudian beliau berkata: “Wahai Zaid belajarlah kitab (bahasa) Yahudi, karena aku tidak pernah aman dari kelakuan mereka terhadap kitab suciku”. Maka aku jalankan perintah beliau, dan tidak berlalu setengah bulan melainkan aku sudah mengusai bahasa mereka, sehingga aku yang menulis surat Rosulullah yang dikirimkan kepada mereka, aku juga yang membacakan surat mereka yang dikirim kepada Rosulullah”. Zaid juga berkata:
Rosulullah bertanya kepadaku: “Apakah engkau bisa bahasa Suryaniyah?”.  Aku jawab: “Tidak”. Beliau berkata: “Pelajarilah”. Maka aku mempelajari bahasa tesebut dalam 17 hari. (lihat as-Shohihah syaikh Albani : 1/187)

🌺 Maka sebagai orang tua janganlah terlalu obsesif , jangan pernah menitipkan mimpi / cita-cita kita kepada anak-anak kita, karena mereka (anak-anak kita) memiliki cita-cita sendiri.. Anak-anak kita lebih tahu ada dibidang apa potensi mereka..
Jangan egois untuk menjadikan anak kita sesuai apa yang kita inginkan,
kita cita-citakan dn kita atur mereka untuk menjadi dokter padahal ia berbakat sebagai ustadz / ulama, kita cita-cita kan mereka menjadi pedagang padahal ia berbakat didunia militer, dan contoh lainnya

🌺 Maka biarkanlah anak kita berkembang sesuai dengan kekuatan dan bakat yang Allah karuniakan kepada anak kita, sejak anak kita dilahirkan.
Para orangtua, Teruslah menemani anak-anak, mencatat semua kebaikan dan perkembangan mereka , memotivasi mereka agar mereka berani mengambil peran terbaik pada zamannya.

Ingatlah, Pendidikan itu bukan MENCETAK anak sekehendak kita,
Akan tetapi pendidikan adalah mengasah kekuatan anak dan mengarahkan agar kekuatan tersebut bisa menjadi alat untuk mendekatkan dirinya kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan bisa membawa manfaat besar kepada manusia dan alam semesta.

Semoga bermanfaat.

و الله تعالى أعلم و صلى الله على نبينا محمد و أصحابه أجمعين

Tentang Penulis Abul Abbas Thobroni

Ustadz Abul Abbas Thobroni -Hafidzahullah- Pendidikan Formal : SD, SMP, STM, Ma'had Ali al Irsyad jurusan bahasa arab, Ma'had Jamilurrahman jurusan tahfidz al Qur'an, Darul hadits ma'rib Republik yaman. Aktifatas dakwah : Mudir ma'had Nida'us Salam Pekalongan, Pengasuh pendidikan berbasis fitroh SABA (Sekolah Aqil BAligh)

Silahkan Pilih Yang Lain

Faedah Dari Konsep Pendidikan Imam Ibnul Qayyim. Part 2

FAEDAH DARI KONSEP PENDIDIKAN IMAM IBNUL QOYYIM   Ada beberapa faedah yang bisa kita gali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *