Rabu , Oktober 17 2018
Breaking News
Home / Fatwa Ulama' / Fatwa Adab / Fatwa Ulama’ : Hukum Mencium Tangan Guru

Fatwa Ulama’ : Hukum Mencium Tangan Guru

Soal:Apa hukum mencium tangan? Dan bagaimana hukum mencium tangan orang yang memiliki keutamaan seperti guru dll?dan bagaimana hukum mencium tangan paman atau selainnya dari orang-orang yg lebih tua?apakah mencium kedua tangan orang tua dilarang syariat?sebagian orang mengatakan bahwa mencium tangan adalah menghinakan diri. 

Jawab:Kami melihat bolehnya hal tersebut(mencium tangan)apabila dia melakukannya untuk menghormati,memuliakan kedua orang tuanya,Ulama,orang yang memiliki keutamaan,kerabat-kerabat yang lebih tua dll.
Ibnul A’robi -Rahimahullah-,  telah menulis sebuah risalah tentang hukum mencium kedua tangan atau yang lainnya,maka rujuklah kepada risalah tersebut.selama hal tersebut dilakukan kepada kerabat yang lebih tua dan orang yang memiliki keutamaan maka ini termasuk penghormatan bukan menghinakan diri dan bukan juga pengagungan.

kita telah melihat sebagian masyaikh kita(guru-guru kami)mengingkari hal tersebut dan melarangnya,akan tetapi yang nampak hal tersebut mereka lakukan bukan karena keharamannya tapi karena ketawadhuan mereka.


Sumber Fatwa :

  • Fatwa Syaikh ‘Abdullah al jibrin (1852) tgl 20/11/1421H.(di terjemahkan dari Fatawa ‘Ulama Al Baladul Haram Hal 1020)
Please follow and like us:
0

About Bahrul Ulum Ahmad Makki

Riwayat pendidikan : SDN 7 Kediri Lobar, MTs-MA Pondok Pesantren Selaparang NW kediri Lombok Barat,Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, Ma'had Aly Al-Irsyad Surabaya, Takmily LIPIA Jakarta, Darul Hadits Republik Yaman ( Syaikh Abul Hasan Al-Ma'riby dan Syaikh Muhammad Al-Imam Ma'bar), Universitas Yemenia - Yaman, Universitas Muhammadiyah Surabaya ( Pascasarjana )

Check Also

‘Umdatul Ahkam : Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan (Hadits 179)

‘Umdatul Ahkam : Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan (Hadits 179) عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please like this page and share it