Sabtu , September 22 2018
Breaking News
Home / Fatwa Ulama' / Fatwa Aqidah / Fatwa Ulama’ : Hadits Shohih Sesuai Dengan Akal?

Fatwa Ulama’ : Hadits Shohih Sesuai Dengan Akal?

Soal : Bagaimana kita membantah bid’ahnya ucapan orang yang mengatakan :(Apabila hadits itu sesuai dengan akal maka dia hadits shohih, jikalau tidak sesuai dengan akal maka hadits tersebut tidak shohih)??

Jawab : Kita bantah dia(dengan mengatakan), bahwa ini adalah ukuran yang bathil ( dalam menilai keshohihan suatu hadits ) ,kalau seandainya kita jadikan akal sebagai hakim/neraca dalam menilai keshohihan sebuah hadits maka kita termasuk orang yang mengikuti hawa nafsu, dengan akal yang mana kita akan menilai hadits-hadits?kadang seorang menilai bahwa hadits itu menyelisihi akal dan yang lain menilai bahwa hadits itu sesuai akal, dan akal/pandangan orang berbeda-beda tidak sama.

akal yang sehat yang selamat dari syubhat dan syahwat adalah akal yang menerima setiap yang shohih datangnya dari rasulullah, baik dia mengetahui hikmahnya atau tidak.

dan orang yang mengucapkan ucapan yang tadi maka dia telah menyembah allah dengan hawa nafsunya bukan dengan pentunjuk allah.

 


Sumber Fatwa :

  • Majmu’ Durus Fatawa Al Haramil Makki Jild 1/389 Syaikh Ibnu Utsaimin ( di terjemahkan dari Kitab Fatawa Al Bida’ Wa syahawat disusun oleh Kholid al-Juraisi )
Please follow and like us:
0

About Bahrul Ulum Ahmad Makki

Riwayat pendidikan : SDN 7 Kediri Lobar, MTs-MA Pondok Pesantren Selaparang NW kediri Lombok Barat,Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, Ma'had Aly Al-Irsyad Surabaya, Takmily LIPIA Jakarta, Darul Hadits Republik Yaman ( Syaikh Abul Hasan Al-Ma'riby dan Syaikh Muhammad Al-Imam Ma'bar), Universitas Yemenia - Yaman, Universitas Muhammadiyah Surabaya ( Pascasarjana )

Check Also

‘Umdatul Ahkam : Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan (Hadits 179)

‘Umdatul Ahkam : Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan (Hadits 179) عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please like this page and share it