Rabu , Oktober 21 2020
Breaking News
Home / Belajar Islam / Do’a Ketika Hendak Masuk WC (Umdatul Ahkam Hadits Ke-11)
KLIK UNTUK BERINFAK

Do’a Ketika Hendak Masuk WC (Umdatul Ahkam Hadits Ke-11)

Do’a Ketika Hendak Masuk WC (Umdatul Ahkam Hadits Ke-11)

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ : أَنَّ النَّبِيَّ كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلاءَ قَالَ : ( اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ ) .

Dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam jika hendak masuk WC, beliau  berdo’a, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” ( ya Allah, saya berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan ).

Penjelasan dan Fikih Hadits :

  1. Dianjurkannya ketika ingin masuk WC membaca,

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

“ya Allah, saya berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan”

 Supaya terjaga dan terlindung dari syaithon yang berusaha ingin merusak sholat seorang hamba.

  • Imam Nawawi Rahimahullah berkata : “Adab ini telah disepakati para ‘Ulama akan sunnahnya, baik dibaca ketika di padang pasir(tanah lapang) atau pada bangunan”.
  1. Diantara bentuk gangguan syaithon kepada orang sholat, adalah mereka (Syaithon) menyebabkan seseorang terkena nakjis untuk merusak sholatnya.
  2. Wajib menjaga diri supaya tidak terkena nakjis dan melakukan hal-hal yang bisa menjaga dan menjauhkan dari nakjis.
  3. Hikmah dianjurkan berlindung dari syaithon sebelum masuk Wc, karena Wc adalah tempat yang didatangi syaithon.
  4. Apabila seseorang buang air besar ditempat yang lapang seperti padang pasir dan yang lainnya, maka do’a ini dibaca ketika menyingkap atau membuka pakain. Dan ini madzhab jumhur ‘Ulama.
  5. Doa diatas dibaca ketika masuk WC walaupun bukan untuk tujuan buang air besar supaya terhindar dari kejelekan dan gangguan jin laki-laki dan jin perempuan.

Imam Ahmad Rahimahullah berkata : “Ketika masuk WC hendaklah mengucapkan, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” Dan tidaklah saya masuk ketempat wudhu’ lalu saya tidak mengucapkan do’a ini kecuali saya ditimpa sesuatu yang saya benci.” (Al-Mugni 1/190)

  1. Seseorang yang lupa membaca do’a diatas maka tidak perlu balik keluar untuk membacanya, ini menurut pendapat yang rojih. Wallahu A’lam
  2. WC adalah tempat tinggalnya syaithon.
  3. Dzikir kepada Allah, merupakan sebab yang paling besar untuk menyelamatkan seseorang dari gangguan syaithon.

 

Pesantren Tahfidz Putri Al-Mahmud Al-Islamy NTB, Kamis 7 Maret 2019

Bahrul Ulum Ahmad

Referensi :

  1. Syarah Umdatul Ahkam Syaikh Sulaiman Al-Luhaimid
  2. Taisir ‘Allam Syaikh ‘Abdullah Alu Bassam

 

Tentang Penulis Bahrul Ulum Ahmad Makki

Bahrul Ulum Ahmad Makki -hafidzahullah-. Riwayat pendidikan : SDN 7 Kediri Lobar, MTs-MA Pesantren Selaparang NW kediri Lombok Barat,Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, Ma'had Aly Al-Irsyad Surabaya, Takmily LIPIA Jakarta, Darul Hadits Republik Yaman ( Syaikh Abul Hasan Al-Ma'riby dan Syaikh Muhammad Al-Imam Ma'bar), Universitas Yemenia - Yaman, Universitas Muhammadiyah Surabaya ( Pascasarjana ) Aktifitas : Pengasuh dan pengajar di pondok Tahfidz Al-Mahmud Al-Islamy, Pembina Yayasan Al-Hakam NTB, Pengasuh Web alhakam.com

Silahkan Pilih Yang Lain

Nasehat akhir tahun

Nasehat akhir tahun إِنَّ اْلحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *