Sabtu , Juli 21 2018
Breaking News
Home / Belajar Islam / Kisah Teladan / Aku Pantas Menangis ( Kisah Abu Sulaiman Ad-Darani rahimahullah )

Aku Pantas Menangis ( Kisah Abu Sulaiman Ad-Darani rahimahullah )

Aku Pantas Menangis

( Abu Sulaiman Ad-Darani rahimahullah )

Ahmad bin Abu al-Hawari berkata,

“Ketika aku menemui Abu Sulaiman ad-Darani, ia sedang menangis, maka aku bertanya, “Tuan, apa yang membuat Anda menangis?”

Dia menjawab. “Wahai Ahmad, orang-orang yang mencintai Allah, jika hari telah malam, mereka mulai membentangkan telapak kaki mereka (berdiri mengerjakan shalat), lalu air mata mereka membasahi pipi dalam rukuk dan sujud. Ketika mereka sedang dalam keadaan demikian itu Allah menyaksikan  mereka dan memanggil, “Wahai Jibril, demi mataKu, siapakah yang sedang membaca Firman-firmanKu dengan penuh kenikmatan itu dan damai dalam bermunajat kepadaKu? Sesungguhnya Aku mengawasi mereka, mendengar perkataan, melihat rintihan dan tangis mereka! Serulah mereka wahai Jibril dan tanyakan kepada mereka, “Kegundahan apa yang aku lihat pada kalian ini ? Apakah telah datang seseorang kepada kalian yang menyampaikan berita bahwa seorang yang kalian sayangi sedang disiksa dalam neraka ? Jika perbuatan kejam seperti itu tidak pantas dilakukan oleh seorang manusia yang tercela sekalipun, maka apakah layak sekiranya dilakukan oleh Maha Raja dan Maha Mulia ? Maka demi keperkasaanKu, Aku bersumpah, sungguh aku akan memberi hadiah kepada mereka, ketika mereka datang menghadap kepadaKu pada Hari Kiamat kelak, bahwa Aku akan singkapkan WajahKu Yang Mulia untuk mereka; Aku melihat mereka, demikian pula mereka dapat memandangKu secara langsung.”

Wahai Ahmad, jika seperti itu, apakah engkau masih akan mencelaku kalau aku menangisi ketertinggalanku dari rombongan orang-orang yang mencintai Allah tersebut ?”

 

Ponpes Al-Mahmud Aik Ampat. Kamis 3 Sya’ban 1439 H/19 April 2018

Ummu Hakam

———————————————————————————————–

 

Sumber :

  1. Mi’ah Qishshah Min Qishash Ash Shalihin Karya Muhammad Bin Hamid Abdul Wahhab
  2. 99 Kisah Orang Shalih (Terjemahan) Cetakan Darul Haq
Please follow and like us:
0

About Bahrul Ulum Ahmad Makki

Riwayat pendidikan : SDN 7 Kediri Lobar, MTs-MA Pondok Pesantren Selaparang NW kediri Lombok Barat,Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, Ma'had Aly Al-Irsyad Surabaya, Takmily LIPIA Jakarta, Darul Hadits Republik Yaman ( Syaikh Abul Hasan Al-Ma'riby dan Syaikh Muhammad Al-Imam Ma'bar), Universitas Yemenia - Yaman, Universitas Muhammadiyah Surabaya ( Pascasarjana )

Check Also

‘Umdatul Ahkam : Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan (Hadits 179)

‘Umdatul Ahkam : Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan (Hadits 179) عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please like this page and share it