Senin , Desember 10 2018
Breaking News
Home / Bahasa Arab / Ilmu Nahwu / Syarah Matan Jurumiyah / Kaidah-Kaidah Nahwu : Bab Mengenal tanda-tanda I’rob Bab 4/bag.1

Kaidah-Kaidah Nahwu : Bab Mengenal tanda-tanda I’rob Bab 4/bag.1

باب معرفة علامات الإعراب

Bab Mengenal tanda-tanda I’rob

لِلرَّفْعِ أَرْبَعُ عَلَامَاتٍ : الضمة والواو وَالْأَلِفُ وَالنُّونُ. فَأَمَّا اَلضَّمَّةُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي أَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ فِي اَلِاسْمِ اَلْمُفْرَدِ وَجَمْعِ اَلتَّكْسِيرِ وَجَمْعِ اَلْمُؤَنَّثِ اَلسَّالِمِ وَالْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ اَلَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ ، وَأَمَّا اَلْوَاوُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي مَوْضِعَيْنِ فِي جَمْعِ اَلْمُذَكَّرِ اَلسَّالِمِ, وَفِي اَلْأَسْمَاءِ اَلْخَمْسَةِ, وَهِيَ أَبُوكَ وَأَخُوكَ وَحَمُوكَ وَفُوكَ وَذُو مَالٍ. وَأَمَّا اَلْأَلِفُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي تَثْنِيَةِ اَلْأَسْمَاءِ خَاصَّةً. وَأَمَّا اَلنُّونُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي اَلْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ إِذَا اِتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ تَثْنِيَةٍ أَوْ ضَمِيرُ جَمْعٍ أَوْ ضَمِيرُ اَلْمُؤَنَّثَةِ اَلْمُخَاطَبَةِ .

  • Rafa’ ( اَلرَّفْعُ ) memiliki empat (4) tanda :

  • Dhommah ( اَلضَّمَّةُ ) menjadi tanda bagi rofa’ pada empat(4) tempat, yaitu pada :
  1. ( اَلِاسْمُ الْمُفْرَدُ ) Isim yang tunggal, contoh :

Pengertian Isim Mufrad ( اَلِاسْمُ الْمُفْرَدُ ) adalah [1]:

 مَا لَيْسَ مُثَنًّى وَلاَ مَجْمُوْعاً وَلاَ مُلْحَقاً بِهِمَا وَلاَ مِنَ الْأسْمَاءِ الْخَمْسَةِ

“ Isim yang tidak menunjukkan dua, tidak menunjukkan jama’ atau tidak menyerupai ke-duanya, dan bukan termasuk isim-isim lima”.

    2. ( جَمْعُ التَّكْسِيْرِ ) Jama’ taksir, contoh :

Pengertian Jama’ Taksir ( جَمْعُ التَّكْسِيْرِ ) adalah :

 مَا دَلَّ عَلَى أكْثَرْ مِنْ اِثْنَيْنِ أوْ اِثْنَتَيْنِ مَعَ تَغَيُّرٍ فِيْ صِيْغَةِ مُفْرَدِهِ

“ Kata yang menunjukkan makna lebih dari dua laki-laki dan dua perempuan dengan adanya perubahan pada bentuk mufrad-nya”.contoh :

Catatan : Jama’ taksir bisa diketahui dari mendengarkan kalam (perkataan) orang Arab atau menghafal dari kamus.

    3. ( جَمْعُ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمُ ) Jama’ Muannats salim, contoh:

Pengertian Jama’ Muannats Salim ( جَمْعُ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمُ ) adalah :

 مَا دَلَّ عَلَى أكْثَرْ مِنْ اثْنَتَيْنِ بِزِيَادَةِ ألِفٍ وَ تَاءِ فِي آخِرِهِ

“ Kata yang menunjukkan lebih dari 2(dua) perempuan, dengan penambahan Alif dan Ta’ pada akhir-nya(pada akhir isim mufrod muannats)”.

Contoh :

   4. ( وَالْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ ) Fi’il mudhori’ yang akhir-nya tidak bersambung dengan sesuatu apapun.

  • Wawu ( الْوَاوُ ) menjadi tanda bagi rofa’ pada  2 (dua) tempat, yaitu pada :
  1. جَمْعُ اَلْمُذَكَّرِ اَلسَّالِمُ Jama’ mudzakkar salim, contoh :

Pengertian Jama’ Muzakkar Salim ( جَمْعِ الْمُذَكَّرِ السَّالِمِ ) :

 اِسْمٌ دَلَّ عَلَى أكْثَرِ مِنِ اثْنَيْنِ ، بِزِيَادَةِ وَاوٍ وَ نُوْنٍ أوْ يَاءٍ وَنُوْنٍ فِيْ آخِرِهِ .

“ Kata yang menunjukkan lebih dari dua laki-laki, dengan menambahkan Wawu dan Nun atau Ya’ dan Nun pada akhir-nya (Akhir isim mufrod mudzakkar)”.

  • Syarat isim bisa dijadikan Jama’ Mudzakkar Salim ( جَمْعُ الْمُذَكَّرِ السَّالِمُ ) :
  1. Nama laki-laki berakal dan tidak diakhiri ta’ marbuthoh (( ة
  2. Sifat laki-laki yang berakal. Contoh :

  1. Isim-isim yang lima yaitu :

أَبُوكَ ، وَأَخُوكَ ، وَحَمُوكَ ، وَفُوكَ ، وَذُو مَالٍ

Isim-isim lima ( اَلْأَسْمَاءُ الْخَمْسَةُ ) Marfu’ dengan wawu apabila memenuhi beberapa syarat, yaitu :

  • Syarat-syarat untuk semua isim-isim lima yaitu :
  1. Harus mufrod, seperti contoh diatas.
  2. Tidak diperkecil, apabila diperkecil maka isim-isim lima marfu’ dengan dhommah, contoh :
  •       جَاءَ أُخَيُّ
  •       هَذَا أُبَيُّ

     3.Harus di-idhofahkan, apabila tidak di-idhofahkan maka isim-isim lima marfu’ dengan dhommah, contoh :

  •    جَاءَ أُخٌ
  •    هَذَا أُبٌ

      4. Di-idhofahkan kepada selain ya’ mutakallim ( ياء المتكلم ) jika di-idhofahkan kepada ya’ mutakallim maka isim-isim lima di i’rob dengan harokat muqaddarah, contoh :

  •  جَاءَ أخِيْ
  •    هَذَا أبيْ

Syarat-syarat untuk sebagian isim-isim lima, seperti :

  1. ( فُوكَ ) Harus dibuang Mim-nya, jika mim-nya tidak di buang maka ( فمٌ ) di-I’rob dengan harokat dzohirah, contoh :

 نظرتُ إلى فمٍ حسنٍ

  •   رأيتُ فمَكَ
  •   هذا فمٌ

      2. ( ذُوْ ) Harus bermakna Shohib (pemilik) dan harus dimudhofkan kepada isim jenis dzhohir/musytaq dzohir. jika ( ذُوْ )tidak bermakna memiliki, hanya merupakan kata sambung (sebagai maushul), maka dia mabni.

  • Alif ( الْأَلِفُ ) menjadi tanda bagi rofa’ pada 1(satu) tempat yaitu pada :
  1. اَلْاِسْمُ الْمُثَنَّى Isim Mutsanna, contoh :
  •     حضر الأستاذان
  •     جاء الطالبان
  •   الكتابان جديدان
  •     هذان مهندسان
  • Pengertian Isim Mutsanna ( الْاِسْمُ الْمُثَنَّى ) adalah :
  •  اِسْمٌ دَلَّ عَلَى اثْنَيْنِ أوْ اثْنَتَيْنِ ، بِزِيَادَةِ ألِفٍ وَنُوْنٍ أوْ يَاءٍ وَنُوْنٍ فِيْ آخِرِهِ، اَلْمَفْتُوْحُ مَا قَبْلَهَا اَلْمَكْسُوْرُ مَا بَعْدَهَا.

“ Kata yang menunjukkan dua laki-laki atau dua perempuan, dengan menambahkan Alif dan Nun atau Ya’ dan Nun pada akhir-nya, sebelum Ya’ dan Alif  berharokat Fathah, dan setelah-nya berharokat kasroh”.

Contoh :

  • Nun ( اَلنُّونُ ) menjadi tanda bagi rofa’ pada satu (1) tempat, yaitu pada :
  1. ( اَلْفِعْلُ الْمُضَارِعُ إِذَا اتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ تَثْنِيَةٍ أَوْ ضَمِيرُ جَمْعٍ أَوْ ضَمِيرُ الْمُؤَنَّثَةِ الْمُخَاطَبَةِ ) fi’il mudhori’ yang bersambung dengan dhomir tatsniyah, dhomir jama’, dan dhomir muannats mukhotobah.contoh :
  •  أنتم تقرؤون القرآن
  •    المسلمان يقرآن القرآن
  • هم يقرؤون القرآن
  •  أنتِ تقرئِيْن القرآن

 


Maraji’ :

  1. Al-Hulal Hal. 65-71
  2. .Mukhtarot Hal.12
  3. . Al-Hulal Hal. 62, Ad-Durah Bahiyah Hal.44
  4. .Mukhtarot Hal.13 dengan sedikit penambahan dari penulis.
  5. .Mukhtarot Ustadzuna Aunurrofiq Gufron Hal.13
  6. . Ad-Durrah Al-Bahiyah Hal.41, Al-Hulal Ad-Dzahabiyah Hal.56
Please follow and like us:
0

About Bahrul Ulum Ahmad Makki

Riwayat pendidikan : SDN 7 Kediri Lobar, MTs-MA Pondok Pesantren Selaparang NW kediri Lombok Barat,Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, Ma'had Aly Al-Irsyad Surabaya, Takmily LIPIA Jakarta, Darul Hadits Republik Yaman ( Syaikh Abul Hasan Al-Ma'riby dan Syaikh Muhammad Al-Imam Ma'bar), Universitas Yemenia - Yaman, Universitas Muhammadiyah Surabaya ( Pascasarjana )

Check Also

‘Umdatul Ahkam : Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan (Hadits 179)

‘Umdatul Ahkam : Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan (Hadits 179) عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please like this page and share it